Rabu, 21 Desember 2011

MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN

MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN

A.   Pengertian Proklamasi kemerdekan bagi bangsa Indonesia


Menurut pengertian bahasa pengertian “proklamasi” pemberitauan kepada rakyat seluruh rakyat; permakluman; pengumuman . sedangkan kata” kemerdekaan   berasal dari kata dasar “merdeka yang memiliki arti bebas ( dari penghambaan, penjajahan dan sebagainya) berdiri sendiri; tidak terkena dari tuntutan lepas dari ;tidak terikat tidak tergantung kepada orang atau fihak tertentu. Kemerdekaan berarti keadaan berdiri sendiri ( bebas,lepas tidak terjajah lagi,dan sebagainya). Dari pengertian tersebut yang dimaksud proklamasi dapat diartikan pemberitauan secara resmi kepada seluruh rakyat bahwa negara bebas ,  berdiri sendiri ,tidak tergantung pada orang atau fihak tertentu.

Dari  pengertian di atas proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia yaitu : pengumuman bangsa Indonesia kepada seluruh rakyat bahwa bangsa Indonesia telah merdeka tidak dijajah lagi oleh bangsa jepang . Selama kurang lebih 350 tahun bangsa Indonesia mengalami pahit getir dijajah oleh bangsa ( Portugis, Belanda, Inggris, Belanda, Jepang). Selama itu pula bangsa Iindonesia berjuang melawan penjajahan untuk merdeka.
    
                
 Pada tanggal 6 dan 9 agustus 1945,amerika serikat menjatuhkan bom atom di atas kota Hirosima dan Nagasaki, pada saat bersamaan 8 agustus 1945.Uni soviet menyatakan perang kepada Jepang . Akibat mendapat pengeboman dari Amerika serikat dan pernyataan perang oleh Uni Soviet , Jepang menyerah kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945 . Pernyataan menyerah Jepang tersebut oleh para pejuang bangsa Indonesia merupakan kesempatan dan peluang untuk menyatakan kemerdekan Indonesia . Para pemuda Indonesia yang dipimpin oleh: Ir Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 di proklamasikanlah kemerdekaan Indonesia bertempat di Jln Pegangsaan Timur No 56 Jakarta. Dengan pidatonya sebgai berikut :

Suadara-saudara dengan ini kami menyatakan kebulatan tekad itu dengarlah proklamasi kami

PROKKLAMASI.
Kami bangsa Indonesia dengan ini menytakan kemerdekaan Indonesia .
Hal-hal mengenai pemindahan kekuasan dan lain-lain diselenggarakan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkatsingkatnya.
                                                                    Jakarta ,17 Agustus 1945
                                                                     Atas nama Bangsa Indonesia.
                                                                    Soekarna - Hatta
Demikianlah saudara-saudara !
Kami sekarang telah merdeka !Tidak ada satu pun ikatan lagi yang mengikat Tanah air kita dan Bangsa kita. Negara Merdeka, Negara Republik Indonesia, Kekal dan abadi. Insya Allah ,Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu.


B. Peristiwa Sekitar Proklamasi

  Sesuai janji jepang untuk memberi kemerdekan bagi bangsa Indonesia pada tanggal 29 april 1945 dibentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau yang biasa disinkat dengan BPUPKI yang diketuai oleh Dr Radjiman Widyoningrat.

Pada  sidang BPUPKI yang petama tanggal 29 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945 yang dibuka :oleh Dr Radjiman Widyoningrat, beliau menyampaikan dalam pidatonya untuk memikirkan konsep dasar negara Indonesia.merdeka . Atas permintaan dalam pidatonya tersebut muncul jawaban dari gagasan para tokoh yang dijukan dalam sidang tersebut yaitu :

a.       Konsep dasar negara oleh : Mr Moh Yamin.

Dalam pidatonya dalam sidang BPUPKI beliau mengajukan konsep dasar negara Indonesia merdeka sebagai berikut:

1.      Peri kebangsaan

2.      Peri kemanusian

3.      Peri ketuhanan

4.      Peri kerakyatan

5.      Kesejahteraan rakyat

Dalam pidatonya beliau juga mengajukan rancangan secara tertulis tentang konsep negara indonesia yang merdeka sebagai berikut:

1.      Ketuhanan yang maha Esa

2.      Kebangsaan, persatuan Indonesia

3.      Rasa kemanusian yang adil dan beradab

4.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijakasanaan dalam permusyawaratan perwakilan

5.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

b.      Konsep dasar negara oleh : Mr Soepomo.

Dalam kesempatan pidato di depan BPUPKI tanggal 31 Mei 1945 menyebutkan negara Indonesia memiliki ciri-ciri dan prinsip sebagai berikut:

“Negara hendaknya tidak menyatu dengan bagian yang terbesar dari rakyat,juga tidak dengan kelompok ekonomi terkuat, melainkan haarus mengatasi semua golongan dan elompok dari semua individu. Untuk menyatukan dengan seluruh lapisan rakyat secara menyeluruh ini dsebut paham atau ide integralistik. Negara Indonesia harus menjadi negara nasional,negara yang mencakup semua agama dengan watak dan ciri khasnya...............”

c.       Konsep dasar negara oleh : Ir Soekarno

Pada tanggal 1 juni 1945 Ir Sokarna mendapat kesempatan menyampaikan pidato dengan mengusulkan daasar negra sebagai berikut:

1.      Kebangsaan Indonesia

2.      Internasionalisme atau peri kemanusiaan

3.      Mufakat atau demokratis

4.      Kesejahteraan sosial

5.      Ketuhanan yang maha Esa

Dari dasar negrara tersebut yang disampaikan terdiri dari 5 dasar kemudian diberi nama “PANCASILA’’.

      Sebelum ditutup panitia menunjuk sembilan orang untuk merumuskan pandangan-pandangan yang telah disampaikan terutama menyangkut rumusan Pancasila. Mereka yang ditunjuk yaitu :

1. Ir Soekarno sebagai ketua                     6. Abikusumo Tjokrosujoso

2. Drs. Mohammad Hatta                         7. Haji Agus Salim

3. Mr A.A Maramis                                   8. Mr Ahmad Subardjo

4. KH Wahid Hasyim                               9. Mr. Muhammad Yamin

5. Abdul kahar Musakir

      Selanjutnya pada tanggal 22 Juni 1945 dalam sidanggnya dapat merumuskan yang terkenal disebut dengan Piagam Jakarta yang berisi pepmbukaan UUD dan tujuan Indonesia merdeka.

C. Makna  Proklamasi  Kemerdekaan

 
Bagi bangsa Indonesia kemerdekan merupakan hak untuk mengatur kehidupan berbngsa dan bernegara sesua yang tercantum pada alenia pembukaan UUD 1945 ; mewujudkan bernegara melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia memajukan kesejahteraan umum, mencerdasakan kehidupan bangsa dan ikut melakssnakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Makna kemerdekaan bagi bangsa indonesia dalam bidang :

a.    Merdeka dalam bidang politik : Negara Indonesia memiliki kedaulatan rakyat yaitu pengakau dari rakyat indonesia mengakaui adanya pemerintahan Indonesia sebagai kekuasaan pemerintahan tertinggi.

b.    Merdeka dalam bidang Ekonomi : Negara Indonesia dapat mengatur perekonomian sendiri sesua dalam UUD 1945 pasal 33.

c.    Merdeka dalam bidang budaya : Negara Indonesia memiliki kebudayaan yang berasal dari bangsa indonesia itu sednri.



Sedangkan makna proklamasi yang terkandung dalam naskah proklamasi memiliki makna bagi bangsa Indonesia Yaitu :

a.    Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah untuk mendapatkan hak sebagai bangsa yang merdeka tidak ditindas bangsa , memiliki kedudukan yang sederajat dengan bangsa lain didunia ini.

b.    Proklamasi merupakan lahirnya negara Indonesia ini berarti bahwa hukum kolonial (penjajah) sudah tidak berlaku lagi dan diganti dengan hukum Nasional Proklamasi merupakan amanat pedndiritan rakyat untuk memwujudkan tujnan egara Indonesia sesuai yang tercantum pada UUD 1945 yaitu : mewujudkan bernegara melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia memajukan kesejahteraan umum, mencerdasakan kehidupan bangsa dan ikut melakssnakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

c.    Proklamasi merupakan jembatan emas bagi bangsa Indonesia untuk mengisi kemerdekaan Indonesia, membentuk Negara yang merdeka berdaulat pemerintahan yang diakui oleh rakyatnya sehinga dapat mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur

TUGAS MANDIRI
  
 
Simak kembali pokok mengenai urain proklamasi kalian dimina untuk mengisi tabel berikut dengan jawaban singkat namun jelas:

No
Pertanyaan
Jawaban
1


Jelaskan pengertian Proklamasi





2



Tuliskan rumusan Pancasila yang terdapat pada pembukaan UUD 1945





3





Jelaskan yang dimaksud merdeka dalam:
- Politik ,
- Ekonomi,
- Kebudayaan







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar